Selasa, 09 November 2010

Analisis Lingkungan Pemasaran

Tugas Perilaku Konsumen

Nama : Atmininingsih

NPM/Kelas : 10208212/3EAO4

Tema : Analisis Lingkungan Pemasaran

Lingkungan Pemasaran suatu perusahaan terdiri dari pelaku-pelaku dan kekuatan-kekuatan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk mengembangkan dan mempertahankan transaksi-transaksi dan hubungan yang menguntungkan dengan pelanggan sasarannya.

Lingkungan pemasaran juga mencatat timbulnya ancaman baru seperti pesaing, krisis militer dan perusahaaan pun melihat runtuhnya mereka. Pemasar menggunakan informasi dan penelitian pemasaran untuk meneliti lingkungan yang berubah-ubah. Dengan membuat system pengamanan dini, pemasar akan mampu untuk merevisi strategi pemasaran secara tepat waktu. Pelaku dan kekuatan dalam suatu lingkungan perusahaan dibedakan antara lingkungan mikro dan makro.

Lingkungan mikro terdiri dari pelaku-pelaku dalam perusahaan yang dekat yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pasarnya. Lingkungan ini ialah : perusahaan, pemasok, perantara pasar, pelanggan pesaing dan publik.

· Pelaku-pelaku dalam lingkungan mikro

Tujuan utama setiap perusahaan adalah melayani dan memuaskan kebutuhan tertentu dari pasar sasarannya yang telah dipilih secara menguntungkan. Untuk melaksanakan tugas ini, perusahaanmengaitkan diri dengan beberapa pemasok dan sekelompok perantara-perantara pemasaran untuk mencapai pelanggan sasarannya. Keberhasilan perusahaan akan ditentukan oleh 2 kelompok tambahan yang disebut kelompok pesaing dan kelompok masyarakat.

1. Pemasok

Pemasok adalah perusahaan bisnis dan individu-individu yang menyediakan sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan dan para pesaing untuk memproduksi barang dan jasa.

2. Perantara-Perantara Pemasaran

Perantara Perusahaan adalah perusahaan yang membantu perusahaan lain dalam promosi, penjualan dan pendistribusian barang-barangnya ke pembeli akhir. Mereka meliputi perantara ( Middle-men ), Perusahaan distribusi fisik, agen jasa pemasaran, dan perantara keuangan.

3. Publik/Masyarakat

Publik adalh sekelompok orang yang mempunyai kepentingan aktual/potensial atau mempunyai dampak terhadap kemampuan perusahaan untuk mencapai tujuannya.

4. Pelanggan

Suatu perusahaan mengaitkan dirinya dengan beberapa pemasok dan perantara sehingga ia mendapat pemasok secara efisien produk-produk dan jasanya kepada pasar sasarannya.

5. Pesaing

Suatu perusahaan jarang sekali hanya sendiri dalam menjual ke suatu pasar pelanggan tertentu. Perusahaan bersaing dengan sejumlah pesaing. Pesaing-pesaing ini harus diidentifikasi, dimonitor dan disiasati untuk memperoleh dan mempertahankan loyalitas pelanggan.

Lingkungan makro terdiri dari kekuatan-kekuatan sosial yang lebih besar yang mempengaruhi seluruh pelaku dilingkungan mikro perusahaan, yang terdiri dari demografi, ekonomi, alam, teknologi, politik dan budaya.

1. Lingkungan Demografi

Kondisi lingkungan yang pertama-tama punya kepentingan tehadap pemasaran adalah populasi karena manusia membentuk pasar. Pemasar sangat berkepentingan terhadap jumlah penduduk dunia, distribusi geografis dan kepadatannya, kecenderungan pergerakannya, distribusi umurnya, tingkat kelahirannya, perkawinannya dan kematiannya dan rasial, kesukuan dan struktur keagamaanya.

Sumber :

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran “Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian” , Edisi ketujuh, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, 1993

Tidak ada komentar:

Posting Komentar