Selasa, 09 November 2010

Model Perilaku Konsumen

Tugas Perilaku Konsumen

Nama : Atmininingsih

NPM/Kelas : 10208212/3EAO4

Tema : Model Perilaku Konsumen

Pada masa-masa awal, para pemasar dapat memahami konsumen melalui pengalaman sehari-hari atas penjualan yang dilakukan tehadap konsumen tadi. Tetapi adanya perkembangan dalam ukuran perusahaan dan pasar telah menghentikan banyak hubungan langsung antara pembuat keputusan pemasaran dari pelanggannya. Kini semakin banyak manajer yang telah beralih ke penelitian konsumen untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang paling penting mengenai pasar, yang disebut ke 7 “O” dari pasar :

1. Siapa yang membentuk pasar?? Occupants ( Penghuni )

2. Apa yang dibeli di pasar?? Objects ( Obyek )

3. Mengapa pasar membeli?? Objectives ( Tujuan )

4. Siapa yang berpartisipasi dalam pembelian?? Organization ( Organisasi )

5. Bagaimana pasar melakukan pembelian?? Operations ( Pelaksanaan )

6. Kapan pasar melakukan pembelian?? Occasions ( Peristiwa )

7. Di mana pasar membeli?? Outlets ( Tempat Penjualan )

Dalam gambar di bawah “model prilaku konsumen “ menunjukkan penekanan pada interaksi antara pemasar dan konsumen. Komponen sentral dari model adalah pengambilan keputusan konsumen, yaitu pemahaman dan evaluasi informasi merek, bagaimana pertimbangan alternatif merek disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, dan keputusan untuk merek.

Pertanyaan yang menjadi pusat perhatian kita adalah : Bagaimana konsumen bereaksi terhadap berbagai rangsangan yang dikendalikan oleh pemasar? . Perusahaan yang memahami bagaimana konsumen akan bereaksi terhadap berbagai bentuk produk, harga, daya tarik iklan yang berbeda dan sebagainya, akan mempunyai keuntungan besar atas para pesaingnya. Itulah sebabnya para peneliti pemasaran bisnis mauoun akademis telah meluangkan banyak energi dalam meneliti hubungan antara rangsangan pemasaran dan tanggapan/respon konsumen.

Sumber :

1. Philip Kotler, Manajemen Pemasaran “Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian” , Edisi ketujuh, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, 1993

2. PERILAKU KONSUMEN DAN TINDAKAN PEMASARAN, HAMIDAH, Fakultas Ekonomi, Jurusan Management, Universitas Sumatera Utara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar