Tugas Perilaku Konsumen
Nama : Atmininingsih
NPM/Kelas : 10208212/3EAO4
Tema : Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
Keputusan pembelian dari pembeli sangat dipengaruhi oleh faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologi dari pembeli.
1. Faktor-faktor kebudayaan
Faktor-faktor kebudayaan mempunyai pengaruh yang paling luas dan dalam perilaku konsumen. Berikut ini kita akn melihat pada peran yang dimainkan oleh kebudayaan, Sub Budaya dan Kelas Sosial.
· Kebudayaan
Merupakan faktor penentu yang paling dasar dari keinginan dan perilaku seseorang.
· Sub Budaya
Setiap kebudayaan terdiri dari sub-budaya sub-budaya yang lebih kecil yang memberikan identifikasi dan sosialisasi yang lebih spesifik untuk para anggotanya. Sub-Budaya dapat dibedakan menjadi 4 jenis yaitu : Kelompok Nasionalisme, Kelompok Keagamaan, Kelompok Ras dan Area Geografis.
· Kelas Sosial
Kelas-kelas sosial adalah kelompok-kelompok relatif homogen dan bertahan lama dalam suatu masyarakat, yang tersusun secara hierarki dan yang keanggotaanya mempunyai nilai, minat dan perilaku yang serupa.
2. Faktor-Faktor Sosial
Perilaku konsumen juga akan dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial tertentu seperti kelompok referensi, keluarga dan status dan peranan sosial.
· Kelompok Referensi
Kelompok referensi seseorang terdiri dari seluruh kelompok yang empunyai pengaruh langsung ( tatap muka ) maupun tidak langsung terhadap sikap atau perilaku seseorang.
· Keluarga
Anggota Keluarga membentuk referensi yang paling berpengaruh dalam membentuk perilaku pembeli.
· Peran dan Status
Seseorang umumnya berpartisipasi dalam kelompok selama hidupnya, keluarga, klub, organisasi.
3. Faktor Pribadi
Keputusan pembelian juga dipengaruhi oleh karkteristik/ciri-ciri pribadinya, terutama yang berpengaruh adalah umur dan tahapan dalam siklus hidup pembeli, pekerjaannya, keadaan ekonominya, gaya hidupnya, pribadi dan konsep jati dirinya.
· Umur dan tahapan dalam siklus hidup
Orang membeli barang dan jasa selama hidupnya
· Pekerjaan
Pola konsumsi seseorang juga dipengaruhi oleh pekerjaanya
· Keadaan Ekonomi
Yang dimaksud dengan keadaan ekonomi seseorang adalah terdiri dari pendapatan yang dapat dibelanjakan ( tingkatnya, stabilitasnya, dan polanya ), tabungan dan hartanya ( termasuk persentasi yang mudah dijadikan uang), kemampuan untuk meminjam dan sikap terhadap mengeluarkan lawan menabung.
· Gaya Hidup
Pola hidup di dunia yang diekspresikan oleh kegiatan, minat dan pendapat seseorang.
· Kepribadian dan Konsep diri
Karakteristik psikologis yang berbeda dari setiap orang yang memandang responnya terhadap lingkungan yang relatif konsisten.
4. Faktor-Faktor Psikologis
· Motivasi
· Persepsi
Proses dimana seseorang memilih, mengorganisasikan, mengartikan masukan informasi untuk menciptakan suatu ganbaran yang berarti dari dunia ini.
· Proses belajar
Perubahan dalam perilakuseseorang yang timbul dari pengalaman
· Kepercayaan dan Sikap
Suatu gagasan deskriptif yang dimiliki seseorang terhadap sesuatu
Sumber :
Philip Kotler, Manajemen Pemasaran “Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian” , Edisi ketujuh, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, 1993
Tidak ada komentar:
Posting Komentar