Selasa, 09 November 2010

Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen

Tugas Perilaku Konsumen

Nama : Atmininingsih

NPM/Kelas : 10208212/3EAO4

Tema : Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen

Keputusan pembelian dari pembeli sangat dipengaruhi oleh faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologi dari pembeli.

1. Faktor-faktor kebudayaan

Faktor-faktor kebudayaan mempunyai pengaruh yang paling luas dan dalam perilaku konsumen. Berikut ini kita akn melihat pada peran yang dimainkan oleh kebudayaan, Sub Budaya dan Kelas Sosial.

· Kebudayaan

Merupakan faktor penentu yang paling dasar dari keinginan dan perilaku seseorang.

· Sub Budaya

Setiap kebudayaan terdiri dari sub-budaya sub-budaya yang lebih kecil yang memberikan identifikasi dan sosialisasi yang lebih spesifik untuk para anggotanya. Sub-Budaya dapat dibedakan menjadi 4 jenis yaitu : Kelompok Nasionalisme, Kelompok Keagamaan, Kelompok Ras dan Area Geografis.

· Kelas Sosial

Kelas-kelas sosial adalah kelompok-kelompok relatif homogen dan bertahan lama dalam suatu masyarakat, yang tersusun secara hierarki dan yang keanggotaanya mempunyai nilai, minat dan perilaku yang serupa.

2. Faktor-Faktor Sosial

Perilaku konsumen juga akan dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial tertentu seperti kelompok referensi, keluarga dan status dan peranan sosial.

· Kelompok Referensi

Kelompok referensi seseorang terdiri dari seluruh kelompok yang empunyai pengaruh langsung ( tatap muka ) maupun tidak langsung terhadap sikap atau perilaku seseorang.

· Keluarga

Anggota Keluarga membentuk referensi yang paling berpengaruh dalam membentuk perilaku pembeli.

· Peran dan Status

Seseorang umumnya berpartisipasi dalam kelompok selama hidupnya, keluarga, klub, organisasi.

3. Faktor Pribadi

Keputusan pembelian juga dipengaruhi oleh karkteristik/ciri-ciri pribadinya, terutama yang berpengaruh adalah umur dan tahapan dalam siklus hidup pembeli, pekerjaannya, keadaan ekonominya, gaya hidupnya, pribadi dan konsep jati dirinya.

· Umur dan tahapan dalam siklus hidup

Orang membeli barang dan jasa selama hidupnya

· Pekerjaan

Pola konsumsi seseorang juga dipengaruhi oleh pekerjaanya

· Keadaan Ekonomi

Yang dimaksud dengan keadaan ekonomi seseorang adalah terdiri dari pendapatan yang dapat dibelanjakan ( tingkatnya, stabilitasnya, dan polanya ), tabungan dan hartanya ( termasuk persentasi yang mudah dijadikan uang), kemampuan untuk meminjam dan sikap terhadap mengeluarkan lawan menabung.

· Gaya Hidup

Pola hidup di dunia yang diekspresikan oleh kegiatan, minat dan pendapat seseorang.

· Kepribadian dan Konsep diri

Karakteristik psikologis yang berbeda dari setiap orang yang memandang responnya terhadap lingkungan yang relatif konsisten.

4. Faktor-Faktor Psikologis

· Motivasi

· Persepsi

Proses dimana seseorang memilih, mengorganisasikan, mengartikan masukan informasi untuk menciptakan suatu ganbaran yang berarti dari dunia ini.

· Proses belajar

Perubahan dalam perilakuseseorang yang timbul dari pengalaman

· Kepercayaan dan Sikap

Suatu gagasan deskriptif yang dimiliki seseorang terhadap sesuatu

Sumber :

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran “Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian” , Edisi ketujuh, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, 1993

Tidak ada komentar:

Posting Komentar