Kamis, 10 Maret 2011

Komunikasi yang Efektif

Beberapa cara yang efektif dalam mengirimkan pesan ( Johnson, 1981 dalam Supraktiknya, 2007 )
1. Usahakan agar pesan yang kita kirim mudah dipahami oleh penerima pesan
2. Pengirim pesan harus memiliki kredibilitas di mata penerima
3. Usahakan untuk mendapat umpan balik dari penerima pesan

Karakteristik – Karakteristik efektivitas komunikasi antar personal oleh Joseph Devito ( 1986 ) dalam bukunya The Interpersonal Comunication Book dilihat dari dua perspektif yaitu :
1. Perspektif Humanistik : Keterbukaan (openness), Perilaku Supportif (Supportivenness), Perilaku Positive (Positivenness), Empati (empaty), Kesetaraan (Equality)
2. Perspektif Pragmatis : Bersikap Yakin (Confidence), Kebersamaan (Immediacy), Perilaku Ekspresif (Ekspresivenness), Manajemen Informasi, Orientasi pada orang lain ( Other Oriantation)
Beberapa Hal yang Menghambat terjadinya komunikasi yang efektif, antara lain :
1. Hambatan yan bersifat emosional dan sosial atau kultural. Misalnya, kita menafsirkan pesan secara negatif karena beberapa hari sebelumnya anda terlibat dalam suatu masalah dengan si pemberi pesan.
2. Pemberian Penilaian atau menghakimi si pemberi pesan. Hal ini dapat menjadikan pemberi pesan bersikap defensif, sehingga akan sangat hati-hati dalam memilih kata untuk menyampaikan pesannya.
3. Gagal memahami maksud konotatif dari pesan yang diberikan. Hal ini sering terjadi meskipun kita mengetahui secara jelas ari denotatif dari kata yang dimaksudkan.
4. Kurang adanya kepercayaan antara si pemberi dan si penerima pesan.

Sumber : Manajemen Komunikasi Pemasaran , Widyatmini, Fakultas Ekonomi, S1 Manajemen, 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar