Kamis, 02 Desember 2010

MANAJEMEN

1.Pengertian Manajemen
Manage berasal dari kata “Manage” (Perancis) yang artinya memerintah/mengendalikan atau dari kata “Manage” ( Inggris ) yang artinya mengelola atu mengurus.
Dalam beberapa literatur, istilah manajemen mengandung 3 (tiga) pengerian, yaitu :
a) Manajemen sebagai suatu proses
Merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian upaya anggota organisasi dalam proses penggunaan semua sumber daya untuk tercapainya tujuan organisasi yang telah ditetapkan .
b) Manajemen sebagai suatu kumpulan orang ( kolektivitas )
Manajemen dapat diartikan sebagai kumpulan orang yang melakukan aktifitas atau kegiatan manajemen dalam sutau badan tertentu.
c) Manajemen sebagai suatu seni dan ilmu
Manajemen secara prinsip memang dapat dipelajari (ilmu), tetapi dalam praktiknya dipengaruhi oleh seni (bakat) perorangan, dimana bakat orang itu tidak sama satu dengan lainnya. Manajemen dapat dipandang sebagai ilmu karena manajemen adalah kumpulan pengetahuan yang berbentuk prinsip-prinsip yang dijadikan dasar kebenaran secara umum.

2. Tingkatan Manajemen
Pada umumnya dikenal 3 tingkatan dalam manajemen, yaitu :
a. Top Manajement
Disebut juga dengan Manajemen Puncak atau Manajemen Eksekutif, yaitu Manjer yang bertugas membuat kebijaksanaan umum atau bisa juga disebut dengan manajer yang kegiatan kegiatan kerjanya lebih banyak menggunakan pikiran daripada fisik.

b. Middle Manajement
Disebut juga dengan Manjemen Menengah atau Manajemen Administrasi, yaitu Manajer yang bertugas untuk mengembangkan rencana-rencana operasi yang dibuat oleh manajer puncak.

c. Lower Manajement
Disebut juga Manajemen Pelaksana atau Manajemen Pengawas, yaitu Manajer yang bertugas melaksanakan rencana yang dibuat oleh Manajer Menengah.



3. Fungsi-fungsi Manajemen
- Planning ( Perencanaan )
- Organizing ( Pengorganisasian )
- Actuating ( Menggerakan )
- Controlling ( Pengendalian )


Sumber : Pelajaran Ekonomi untuk SMA/MA Kelas XII, Rudianto, Tahun 2006.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar