Senin, 13 Desember 2010

Tugas Perilaku Konsumen

Deadline 23 Desember 2010
Nama : Atmininingsih
NPM/Kelas : 10208212/3EAO4
Tema : Syarat-syarat Segmentasi yang Efektif

Untuk bisa memberi manfaat, segmentasi pasar harus mempunyai karakteristik berikut ini :
Menurut Kotler, Bowen dan Makens
1. Measurable (terukur)
Measurable berarti segmen pasar harus dapat membantu perusahaan dalam mengukur potensi pasar, daya beli konsumen serta ukuran alokasi sumberdaya. Sejauh mana ukuran dan daya beli segmen dapat diukur.
2. Substansial (Cukup Besar)
Substansial berarti segmen tersebut harus besar dan profitable untuk dilayani. Sejauh mana segmen itu cukup besar atau cukup menguntungkan untuk dilayani sebagai pasar. Sebuah segmen sebaiknya merupakan kelompok homogen yang secara ekonomi paling layak mendukung program pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan segmen itu.
3. Accessible (dapat diakses)
Accessible berarti segemen tersebut harus mudah dijangkau untuk dilayani. Sejauh mana segmen itu dapat diakses dan dilayani secara efektif.
4. Differentiable (dapat dibedakan)
Differentiabel berarti segmen tersebut dapat dibedakan dengan jelas. Sejauh mana segmen-segmen secara konseptual dapat dipisah-pisahkan dan memberikan tanggapan yang berbeda terhadap unsur dan program bauran pemasaran yang berbeda. Jika wanita yang telah menikah dan belum menikah memberikan tanggapan yang sama atas penjualan parfum, berarti diantaranya bukanlah segmen yang terpisah.

5. Actionable (dapat dilayani/dilaksanakan)
Actionable berarti segmen tersebut dapat dijangkau atau dilayani dengan sumber daya yang dimiliki perusahaan. Sejauh mana program yang efektif dapat didisain untuk menarik melayani segmen – segmen tersebut.

Sumber : http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/08/persyaratan-segmentasi-pasar-yang.html
Segmentasi, Targeting dan Positioning oleh Fadril Rahmad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar