1. Pengertian Pasar
Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untu puas, uang untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakannya.
Dari definisi tersebut dapat diketahui adanya tiga unsur penting yang terdapat dalam pasar yaitu :
• Orang dengan segala keinginanya
• Daya beli mereka
• Kemauan untuk membelanjakan uangnya
•
2. Macam-macam pasar
Pada pokoknya, pasar dapat dikelompokkan ke dalam 4 golongan, yaitu :
1. Pasar Konsumen : sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk diasumsikan, bukannya dijual atau diproses lebih lanjut.
2. Pasar Industri : Pasar yang terdiri atas individu-individu dan lembaga atau organisasi yang memiliki barang-barang untuk dipakai lagi, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam memproduksi barang lain yang kemudian dijual.
3. Pasar Penjual : Suatu pasar yang terdiri atas individu-individu dan organisasi yang mau membeli barang-barang dengan maksud untuk dijual lagi atau disewakan agar mendapatkan laba.
4. Pasar Pemerintah : Pasar dimana terdapat lembag-lembaga Pemerintah, seperti : departemen-departemen, direktorat, kantor-kantor dinas dan instansi lain.
3. Segmentasi pasar
Segmentasi Pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar ( segmen pasar ) yang bersifat homogen.
Sumber : Pengantar Bisnis Modern, Edisi Ketiga, Dr.Basu Swastha DH., SE., MBA & Ibnu Sukotjo W. SE., Tahun 1988.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar